Home > Organisasi & Kepengurusan Wednesday, 26 November, 2014

Organisasi &Kepengurusan

Organisasi Lembaga Standar Profesi Dana Pensiun terdiri dari Pendiri, yaitu Asosiasi Dana Pensiun Indonesia bersama dengan Asosiasi Dana Pensiun Lembaga Keuangan, Dewan Pengawas dan Pengurus. Dewan Pengawas dan Pengurus diangkat dan diberhentikan oleh Pendiri, utuk masa jabatan 3 (tiga) tahun.

Dewan Pengawas terdiri dari 3 orang, untuk masa jabatan tahun 2012 sampai dengan tahun 2015, susunan Dewan Pengawas adalah sbb:

 

Soemaryono Rahardjo SE.MBA Ketua Dewan Pengawas
Ir. Azwani Sjech Umar Anggota Dewan Pengawas
Ricky Samsico Anggota Dewan Pengawas

 

Pengurus terdiri dari  5 orang, yaitu seorang Ketua, seorang Wakil Ketua dan 3 orang anggota.

 

Pengurus Lembaga dibantu oleh sebuah Komite Standar Profesi yang tugas pokoknya adalah membantu dalam penyusunan soal ujian pengetahuan dasar di bidang Dana Pensiun serta memberikan pertimbangan penilaian atas bobot dari setiap kegiatan yang dapat memberikan angka kredit bagi peserta kegiatan. Komite terdiri dari unsur-unsur regulator, Akademisi, experts di bidang Dana Pensiun,  Asosiasi Dana Pensiun Indonesia, Asosiasi Dana Pensiun Lembaga Keuangan dan Lembaga Standar Profesi Dana Pensiun.

 

Susunan Pengurus Lembaga Standar Profesi Dana Pensiun untuk periode 2012 s/d 2015 adalah:

Arif Hartanto, SH. MH. Ketua Pengurus LSPDP
AT Sitorus SH.MH. Wakil Ketua Pengurus LSPDP
Drs. Sujat Siswosudarmo Anggota Pengurus LSPDP
Andi Djumhari, SE. Anggota Pengurus LSPDP
Sriyono, SH.MM. Anggota Pengurus LSPDP

 

Susunan Komite Standar Profesi Dana Pensiun masa bakti 2009 s/d 2012 :

Sriyono SH.MM. Ketua Komite LSPDP
Toto Pranoto, SE. MM. Wakil Ketua Komite LSPDP
Agus Hermawan Anggota Komite LSPDP
Ir. AsepSuwondo MSc. Anggota Komite LSPDP
MuchitSudirman, SE. Anggota Komite LSPDP
Andi Djumhari, SE. Anggota Komite LSPDP
Drs. Sujat SiswosudarmoSuhari Anggota Komite LSPDPAnggotaKomite LSPDP

 

Soemaryono Rahardjo SE.MBA

Soemaryono Rahardjo SE.MBA

Ketua Dewan Pengawas

Dilahirkan di Purbalingga tahun 1950, berlatar belakang pendidikan Sarjana Ekonomi serta MBA dengan konsentrasi Manajemen Keuangan.Mengikuti pendidikan tenatng manajemen rumah sakit di Jerman, Belanda dan Curtier University Australia.

Saat ini menjabat sebagai Direktur Utama Dana Pensiun Rumah Sakit Islam.Sebelumnya menjabat sebagai Direktur Administrasi dan Keuangan Rumah Sakit Islam Jakarta. Menjabat sebagai Ketua Bidang Hubungan Kelembagaan ADPI periode 2001-2004, Pjbt Ketua Umum thn 2004 dan saat ini sebagai Wakil Ketua Umum periode 2004-2009.

Ir. Azwani Sjech Umar

Anggota Dewan Pengawas

Ir. Azwani Sjech Umar

Dilahirkan di Sigli 5 Nopember 1948, menyelesaikan pendidikan sarjana pada Institut Tehnologi Bandung jurusan Elektronik. Sempat bekerja di perusahaan swasta dari tahun 1974 sampai dengan tahun 1976 sebelum bergabung dengan PT perusahaan Listrik Negara (PLN) pada tahun 1977. Menjabat sebagai Direktur SDM PT PLN dari tahun 1998 sampai dengan tahun 2003 dan pada tahun 2004 diangkat sebagai Direktur Utama Dana Pensiun PLN. Saat ini menjabat sebagai Ketua Bidang Organisasi Asosiasi Dana Pensiun Indonesia ( ADPI).

 

Ricky Samsico

Anggota Dewan Pengawas

Ricky Samsico

Menyelesaikan pendidikan di jurusan Administrasi Niaga Universitas Atma Jaya, kemudian bergabung dengan Bank BCA sebagai staff analis kredit. Selanjutnya bergabung dengan PT Asuransi Jiwa Bumi Putera John Hancock dan kemudian ke PT Asuransi Winterthur Life Indonesia sebagai Manager Sales & Marketing merangkap sebagai Pelaksana Tugas Pengurus Dana Pensiun Lembaga Keuangan Winterthur.

Beberapa pelatihan yang telah diikuti diantaranya adalah Ratio Analysis Perbankan, Employee Benefit Specialist, Advanced Sales dan Total Quality Management.

 Arif Hartanto

Ketua Pengurus LSPDP

Arif

Dilahirkan di Kudus tahun 1948, menyelesaikan pendidikan sarjana hukum dan magister hukum di Universitas Indonesia.Mengikuti pendidikan bahasa Inggris di St Godric’s College di London dan International Business Administration (IBEAR) di University of Southern California Los Angeles.Sejumlah short courses di luar negeri yang diikuti antara lain International Air Law di IATA, Geneva, Management Training di General Electric, New York serta sejumlah seminar dan workshop. Training di dalam negeri antara lain Managemen Dana Pensiun di LMUI, Jakarta, Managemen Kehumasan di PPM, Jakarta dan Suspim Susgab BUMN Lemhannas 1997, Jakarta.

Bekerja di Garuda Indonesia sejak tahun 1970, terakhir menjabat sebagai Vice President Business Relations, kemudian ditugaskan sebagai Direktur Dana Pensiun Garuda Indonesia sampai dengan memasuki usia pensiun tahun 2004. Menjadi Ketua Bidang Penelitian & Pengembangan ADPI periode 2001 ? 2004.

AT Sitorus SH.MH.

Wakil Ketua Pengurus LSPDP

at sitorus

Kelahiran Pematang Siantar tahun 1950, menyelesaikan pendidikan sarjana hukum dan magister hukum di Universitas Indonesia , Jakarta. Bergabung dengan Departemen Keuangan pada tahun 1973, terakhir menjabat sebagai Kepala Sub Direktorat Analisis Penyelenggaraan Program Direktorat Dana Pensiun.

Pensiun pada tahun 2006, saat ini menjabat sebagai staf ahli Direksi Dana Pensiun Bank Indonesia disamping tugasnya sebagai Direktur eksekutif Asosiasi Dana Pensiun Lembaga Keuangan.

 

Drs. Sujat Siswosudarmo

Anggota Pengurus LSPDP

Drs. Sujat Siswosudarmo

Dilahirkan di Purworejo tahun 1944, memperoleh gelar sarjana dari Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara.Bergabung dengan Departemen Keuangan pada tahun 1964 dan pensiun pada tahun 2000. Mengikuti sejumlah short courses bidang asuransi di Swis, Inggris , Bangladesh, Korea, Jepang dan Pilipina, saat ini menjabat sebagai Kepala Biro di Asosiasi Dana Pensiun Indonesia.

 

 

 

Andi Djumhari, SE.

Anggota Pengurus LSPDP

Andi Djumhari, SE.

Dilahirkan di Tangerang Banten pada tahun 1960 , menyelesaikan pendidikan sarjana ekonomi di universitas Muhammadiyah Jakarta. Bergabung dengan BNI 46 pada tahun 1982, saat ini ditugaskan di Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI sebagai Assistant Vice President.Aktif berkiprah di Asosiasi Dana Pensiun Lembaga Keuangan, menjabat sebagai Bendahara. Sejumlah pelatihan yang pernah diikuti antara lain Transasksi Luar Negeri, Effective Tax Strategies for Reksadana, Team Building & Salesmanship Program serta telah lulus Ujian Sertifikasi Manajemen Risiko.

H. Sriyono, SH., MM.

Anggota Pengurus LSPDP

H. Sriyono, SH., MM.

 

Dilahirkan di Klaten, 2 Pebruari  1963, menyelesaikan pendidikan Sarjana Hukum (S1) di  Universitas Muhammadiyah Jakarta tahun 1988 dan Program Magister Manajemen (S2) Konsentrasi Manajemen SDM di Universitas Prof. DR. Hamka Jakarta tahun 2001.

Bergabungdengan RS Islam Jakarta tahun 1990 denganjabatanterakhirsebagai HR Manager.

Berbagai training yang pernahdiikutidalampengembangan SDM antara lain Human Resources Management, Job Analysis, Performance Management, Supervisory Management, Competency Based Human Resources Management, Training Needs Analysis, Human Resource Audit, Leadership Training For Managers, Effective Leadership,  Behavioral Event Interview, Assessment Center Assessor Certification (Certified Assessor) di LembagaManajemen PPM. Di bidang Dana Pensiunsejumlah training yang diikutiantara lain Manajemen Dana Pensiun di LM – FE UI, ImplementasiInvestasi Dana Pensiun, Good Pension Fund Governance , Bisnis Plan Dana Pensiun, Basic Equity Investment, DiklatAkturaria Dana Pensiun , Workshop InvestasiPadaInstrumenSyariah, dll. Sejaktahun 2009 sampaidengansaatinimenjabatsebagaiDirekturUtama Dana Pensiun RS Islam Jakarta